Persit Kartika Yonif 515 Periksa & Sosialisasikan Iva Tes Sadanis

Jember, Pak JITU.com –  Dalam rangka merayakan HUT Ke-79 kesad Tahun 2024 Persit Kartika Chandra Kirana Ranting 4 Yonif 515 bekerja sama dengan Puskesmas Tanggul melakukan pemeriksaan Iva tesk dan Sadanis (27/8/24).

 

Tes IVA atau Inspeksi Visual Asetat merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kangker leher rahim sedini mungkin. Sedangkan Sadanis atau pemeriksaan payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan terlatih.

 

Kanker Serviks merupakan kanker terbanyak yang diderita oleh perempuan di Indonesia. Kanker ini berawal dari tumor ganas yang mengenai leher rahim dan di sebab kan oleh Human Papiloma Virus (HPV). Leher rahim yang terpapar virus HPV berpotensi menjadi kanker dalam waktu 3-17 tahun jika tidak dilakukan tindakan pencegahan. Sedangkan Kanker payudara termasuk juga dalam daftar 10 penyebab kematian terbanyak perempuan di Indonesia.

BACA JUGA :   Gus Fawaid Soroti Angka Stunting Di Jember Tertinggi Se Jawa Timur

Ibu Tiwi Arif Setyo Utomo Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting 4 Yonif 515 saat di temui usai melakukan serangkaian tes menyampaikan

 

“kurang lebih 45 orang ikut berpartisipasi mengikuti Pemeriksaan Iva Test dan Sadanis yang bekerjasama dengan Puskesmas Tanggul”

” Pemeriksaan ini bertujuan untuk pencegahan dan pendeteksian dini kanker serviks dan kanker payudara”.

 

Kepala Puskesmas Tanggul Dokter Arie Werdiningsi saat di temui di ruangan nya usai mendampingi ibu ibu persit menyampaikan bahwa

 

“pemeriksaan Iva itu ideal nya di lakukan satu tahun sekali oleh tenaga medis pemeriksaan nya sendiri sangat sederhana menggunakan larutan asam asetat”

 

“Kalau di bandingkan dengan Pap smear sama sama pemeriksaan kangker rahim kalau yang pap smear itu nunggu hasil nya bisa sampai empat atau lima hari tapi kalau yang Iva ini langsung hanya nunggu dua sampai lima menit di cek kalau sudah kelihatan ada lesi pra kangker hasil nya posisi nanti bisa ke pemeriksaan atau terapi lanjutan” Pungkasnya. (fit)

Komentar Facebook
BACA JUGA :   Briptu Dini Aktif Berjuang Menurunkan Angka Stunting

Berita Lainnya:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan