Kadis Buka Layanan Admindukcapil 2 Hari Di Desa Tugusari

Jember, Pak JITU.com – Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember gelar sosialisasi dan layanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Admindukcapil) selama 2 hari di kantor Desa Tugusari, Kecamatan Bangsalsari.

 

Sosialisasi dan layanan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Dispendukcapil Kabupaten Jember Isnaini Dwi Susanti SH. M.Si., pada Selasa (13/8/24), dan berlangsung hingga Rabu 14 Agustus 2024.

 

“Tugas kami memang menjadikan Admindukcapil itu valid, jadi warga memiliki satu data yang sama dengan dokumen kependudukan lainnya, dengan dokumen negara yang lainnya,” jelas Kadis yang akrab di sapa Santi itu.

 

Santi juga menjelaskan tentang data warga yang harus sama antara data kependudukan dengan dokumen negara lainnya, “Gak boleh masyarakat itu punya data namanya tidak sama antara dokumen ijazah dengan dokumen KK (Kartu Keluarga ;red), jadi semuanya harus valid harus sama,”

 

Lebih lanjut ia menjelaskan pentingnya memiliki data Admindukcapil yang valid, “Karena dasar dari semua kegiatan, kegiatan kehidupan yang ada di negara ini adalah Admindukcapilnya, kita (Admindukcapil ;red) memang bukan kebutuhan dasar tapi dasar dari semua kebutuhan, misalnya untuk menerima bantuan, untuk sekolah, aktenya harus benar KK-nya harus benar kemudian saat mau umroh mau haji semua harus benar, semua dalam melaksanakan kehidupannya pasti dibutuhkan Admindukcapil dan semua warga hukumnya wajib terdaftar di negeri ini,” bebernya.

BACA JUGA :   Tahapan Pemilu Diperkirakan Molor Akibat Lamanya Rekapitulasi Suara

 

Pemilihan Kantor Desa tugusari sebagai tempat sosialisasi dan pelayanan Admindukcapil disebutkan Santi selain memudahkan akses warga yang berada di wilayah terpencil karena Desa tersebut berada diantara 3 Desa yang berada di wilayah pegunungan, ia juga menyebut antusiasme warga Desa tersebut tinggi selama beberapa kali dibuka pelayanan.

 

“Tapi ternyata pak Kades Tugusari luar biasa memang, antusias kepada pengurusan Adminduk warganya, sehingga beliau juga mengadakan peringatan hari kependudukan, dan mengadakan kegiatan yang dilakukan disini,” jelasnya mengapresiasi antusiasme Kades Tugusari.

BACA JUGA :   Bansos Ditunda Pegiat Meradang, Guru Ngaji: Memang Waktunya

 

Ditempat yang sama Kepala Desa Tugusari H. Akhmat Khoiri SH. mengaku bangga Desa yang dipimpinnya itu untuk kesekian kalinya di pilih menjadi tempat pelayanan Adminduk, “Saya berterimakasih kepada Dispendukcapil Jember yang selalu memperhatikan Desa Tugusari, memberi kemudahan ini luar biasa, saya dua jempol kepada Dispenduk terutama buat Ibu Santi,” tandas Khoiri seraya mengangkat kedua jempolnya. (*)

Komentar Facebook

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan