Motivasi Pagelaran Wayang Kulit Desa Tanjungsari

Jember, Pak JITU.com – Setelah sebelumnya Pemerintah Desa Tanjungsari Kecamatan Umbulsari Jember, sukses menggelar even tahunan Grebek Suro. Minggu 4 Agustus 2024, Kepala Desa Sabuktiyono menggelar malam puncak selamatan Desa dengan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk.

 

Dihadiri segenap Perangkat Desa, RT/RW dan Muspika serta masyarakat sekitar, pertunjukan yang diawali dengan penyerahan hadiah bagi peserta pemenang Grebek Suro itu berlangsung meriah.

 

Dentingan merdu suara gamelan dan merdunya suara sinden membuat suasana seolah kembali pada jaman kerajaan sebelum abad 18 masehi.

 

Sabuktiono, Di konfirmasi pasca memberi sambutan menyampaikan pagelaran wayang kulit yang sedang berlansung itu sebagai wujud melestarikan budaya, serta mengenang sejarah perjuangan para wali yang menyebarkan Islam melalui wayang kulit.

BACA JUGA :   Ricuh, PPK Sumberbaru Diminta Hadirkan KPU, Bawaslu & Semua Saksi Partai

 

“Saya mengadakan seni wayang kulit ini karna untuk melestarikan budaya bahwa kita sebagai orang jawa kita tetap melestarikan kaitannya dengan kesenian wayang kulit ini sesuai dengan sejarah untuk masuk nya agama islam,” kata Sabuk.

 

Adapun kisah yang akan diangkat dalam pagelaran wayang kulit tahun ini menurut Sabuktiono adalah motivasi kepada perangkat desa agar kedepannya bisa lebih baik.

 

“Kita harus bisa memberikan motivasi atau kinerja kita selaku sesepuh desa,” tandasnya. (fit)

Komentar Facebook

Berita Lainnya:

BACA JUGA :   Bupati Jember Dilaporkan Ke KPK Atas Dugaan Korupsi Senilai 112 Miliar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan