Rekapitulasi KPU Jember Belum Selesai, Kapolres Jember Datangi Tempat Rekap

Jember, Pak JITU.com – Untuk memastikan tahapan Rekapitulasi KPU Jember berjalan lancar Kapolres Jember AKBP. Bayu Pratama Gubunagi dengan didampingi Wakapolres Jember Kompol Jimmy H. Hasiholan Manurung, melakukan sidak dan kunjungan ke Hall Kiso Aston Hotel, tempat rekapitulasi dilakukan.

Hari ini Selasa (5/3/2024) merupakan batas akhir rekapitulasi suara di KPU Jember. Hasil rekapitulasi seharusnya sudah tiba di KPU Provinsi Jawa Timur selambatnya pukul 12:00 wib.

Sementara itu penghitungan di hari terakhir atau hari ke enam ini, masih menyisakan hitung ulang di dua kecamatan yang selama rekapitulasi mendapat banyak laporan yang masuk ke Bawaslu, mulai dari adanya dugaan manipulasi data, pencurian suara, hingga penggelembungan.

Dua kecamatan yang masih melakukan hitung ulang hari ini, yakni kecamatan Bangsalsari dan Kecamatan Sumberbaru, serta 1 kecamatan yakni Silo baru selesai disempurnakan rekapitulasinya pada Selasa pagi.

Ahmad Susanto Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Jember, kepada wartawan menyatakan, bahwa seluruh tahapan rekapitulasi di Kabupaten Jember sudah selesai semua, dan tinggal menyisakan Kecamatan Sumberbaru yang saat ini masih melakukan mediasi, setelah pihak KPU menjalankan rekomendasi Bawaslu untuk melakukan hitung ulang.

BACA JUGA :   Tanamkan Moral Isra Mi'roj Polres Jember Wujudkan Polri Yang Presisi

“Hari ini ada 3 Kecamatan yang tersisa, tapi dua Kecamatan sudah kelar, yakni kecamatan Silo dan Bangsalsari, dan saat ini yang masih berjalan adalah kecamatan Sumberbaru, yang masih mediasi menyikapi hasil rekapitulasi ulang yang digelar tadi malam,  bisa dipastikan hari ini semua clear dan hasilnya segera kami kirim ke Propinsi,” ujar Santo panggilan Ahmad Susanto.

Sementara Kapolres Jember AKBP. Bayu Pratama Gubunagi, ditemui disela-sela melakukan kunjungan menyatakan, bahwa kedatangannya ke lokasi rekapitulasi suara di hari terakhir, untuk memastikan bahwa semua berjalan lancar, sebelum seluruh hasil rekapitulasi dikirim ke Propinsi.

“Kedatangan kami bukan sidak, hanya ingin memastikan, bahwa hari terakhir rekapitulasi berjalan lancar, sampai seluruh tahapan hasil rekapitulasi dikirim ke Propinsi, termasuk dalam persiapan pengawalan ke Propinsi,” Kukar Kapolres.

BACA JUGA :   Camat Tanggul Verifikasi Surat Edaran Parkir Haul Habib Sholeh

Kapolres juga menyampaikan Terima kasih kepada masyarakat Jember, yang telah menjaga kondusifitas kamtibmas, mulai dari tahapan awal, hingga selesainya proses rekapitulasi.

Kalaupun ada pihak-pihak yang mempersoalkan rekapitulasi sampai diundur dua hari, adalah hal biasa dan bagian dari dinamika politik. “Kami berharap, tidak ada kendala dan hambatan lagi, sampai proses pengawalan ke Propinsi nanti sore, do’akan ya semoga semua berjalan lancar,” pungkas Kapolres. (*)

Komentar Facebook

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan