Caleg Dilaporkan ‘Perampokan’ Suara Sesama Partai Golkar

Nasional, Pak JITU.com – Ali Murtado dan Fudoli Sandra dari Tim Pemenangan (TP) H. Purnamasidi Caleg DPR RI dari Partai Golkar Dapil (Daerah Pemilihan) IV Jatim, meliputi Jember dan Lumajang, Senin (26/2/2024) mendatangi kantor Bawaslu Kabupaten Jember.

Kedatangan TP Purnamasidi itu untuk melaporkan temuan dugaan penggelembungan suara oleh sesama Caleg dari Partai Golkar di 6 desa di Kecamatan Sumberbaru.

Ali Murtado menyatakan, bahwa indikasi adanya penggelembungan suara, dirinya melihat salah satu Caleg DPR RI dari partai Golkar atas nama Dwi Priyo Atmojo nomor urut 4, yang semula di kisaran 4.000 suara mendadak melonjak ke angka 9.229 suara. Adapun suara Purnamasidi menurun drastis.

“Perubahan suara terjadi di 6 desa di Sumberbaru, kami menemukan adanya perubahan suara dari caleg nomor 4, yang semula hanya 4 ribuan, melonjak menjadi 9 ribuan, dan suara dari pak Purnomosidi, justru berkurang, sehingga kami menduga ada ‘perampokan’ suara caleg kami,” ujar Ali Murtadlo.

Ali Murtadlo berharap, kecurangan ini segera ditindak lanjuti oleh Bawaslu, dengan melakukan tindakan tegas, dan melakukan pengusutan adanya kecurangan ini.

“Bawaslu harus segera turun tangan, dan melakukan pengusutan, serta menindak siapapun yang terlibat, karena indikasi kami, kecurangan ini dilakukan secara sistematis dan terstruktur, ada PPS, Panwas, dan juga saksi maupun operator, semua harus diusut,” tegas Ali Murtadlo.

BACA JUGA :   H Karim Dorong Salsabila Caleg DPRD Jember Dari Partai Golkar No 9 Untuk Semangat Menang

Devi Aulia Rahma, Komisioner Bawaslu Jember yang menerima laporan dari Tim Purnomosidi menyatakan, bahwa pihaknya sudah menerima laporan tersebut, dan akan melimpahkan penanganan ke Panwascam Sumberbaru, dengan mendapat pengawalan dan backup dari Bawaslu.

“Karena proses laporan kecurangan waktu yang dibutuhkan hanya 7 hari, dan agar segera diproses, laporan ini kami limpahkan ke Panwascam, tentunya akan kami backup penuh,” ujar Devi.

Devi menjelaskan, jika memang nanti ditemukan adanya kecurangan seperti yang dilaporkan oleh Tim dari H. Purnomosidi, pihaknya menjelaskan, ada kemungkinan 2 rekomendasi yang akan dikeluarkan, yakni rekapitulasi ulang atau hitung ulang.

“Tapi kami harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, jika memang ditemukan adanya kecurangan, ada kemungkinan akan ada dua rekomendasi yang kami keluarkan,  dua kemungkinan itu antara lain melakukan rekapitulasi ulang maupun hitung ulang,” jelasnya.

Kasus dugaan ‘pembegalan’ suara yang dialami oleh Caleg DPR RI H. Purnomosidi, rupanya tidak hanya terjadi di Jember, tapi juga terjadi di wilayah Lumajang.

Fudoli Sandra, tim sukses Purnamasidi menyatakan, bahwa pihaknya mendapatkan laporan saksi rekapitulasi suara untuk Kecamatan Gucialit, dan Kecamatan Sumbersuko di Kabupaten Lumajang.

BACA JUGA :   Ketua Panwascam Tanggul Akui Sudah Ketahui Anggotanya Yang Joget Dan Nyawer Biduan Yang Disebut Acara PDIP

Menurut Pudoli, saat rekapitulasi tingkat kecamatan justru terjadi penurunan suara Purnamasidi dibandingkan data plano alias C Hasil bukti perhitungan di TPS. Sedangkan, suara Sinchan yang bertambah banyak. Suara yang bergeser jumlahnya ratusan, dan detailnya sudah dilaporkan ke Bawaslu Lumajang.

“Di Sumbersuko 190 an suara, dan di Gucialit 230 an suara yang berpindah,” ungkap mantan Ketua KPU Lumajang itu.

Pudoli mendesak Bawaslu dan KPU segera menemukan para pelaku yang melakukan pergeseran suara sekaligus menindak tegas mereka. Ia meyakini, kecurangan semacam itu dilakukan oleh sindikasi yang melibatkan penyelenggara Pemilu.

Sementara Komisioner KPU Lumajang Ridhol Mujib menyatakan, pihaknya bergerak ke tempat-tempat yang dilaporkan terjadi indikasi pencurian suara dengan cara menggeser perolehan. PPS diminta melakukan penghitungan ulang dengan membuka kotak suara.

“Ada laporan pergeseran suara. Setelah di cek, kami perintahkan untuk dikembalikan agar sesuai C Hasil yang sudah ditetapkan dari pemungutan suara TPS. Karena, mahkota dari Pemilu adalah C Hasil,” tegas Ridhol. (*)

Komentar Facebook

Berita Lainnya:

BACA JUGA :   Saksi PAN Diusir Dari Rekapitulasi KPU Jember

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan