Pemdes Gumukmas Lelang TKD, Camat Tidak Diundang, Emang Boleh?

Jember, Pak JITU.com – Kamis (28/12/23) Pemerintah Desa Gumukmas, laksanakan lelang sewa Tanah Kas Desa (TKD) untuk tahun 2024. Lelang ini menjawab polemik dugaan bahwa TKD Gumukmas disewakan secara diam-diam seperti sudah pernah diakui Dulmukdi, orang yang mengaku melakukan transaksi sewa lahan TKD dengan oknum Kepala Dusun (Kasun) NP.

 

Pengakuan Dulmukdi itupun diklarifikasi Kepala Desa Gumukmas Rudianto (18/12), ia menyebut Kasun NP Nempil (numpang kelola sewa) dari pemenang lelang sebenarnya, menurutnya pada tahun 2021, 2022, dan 2023 sudah ada pemenang lelangnya, dan Oknum Kasun NP tidak termasuk sebagai pemenang lelang.

 

Dikonfirmasi Pak JITU.com dihari yang sama Camat Gumukmas Nino Eka Putra menyebut akan melakukan kroscek permasalahan tersebut, menurutnya pemanfaatan TKD sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Jember No 1 tahun 2022, maka semua yang terkait dengan pemanfaatn TKD harus sesuai dengan kaidah-kaidah didalam perbup tersebut.

 

Selengkapnya tentang pengakuan Dulmukdi dan klarifikasi Kades Rudianto, serta tanggapan Camat Gumukmas baca :

Oknum Kasun Di Gumukmas Ditengarai Sewakan TKD Secara Diam-diam

Polemik Sewa TKD, Kades Gumukmas Rudianto : Kampung NP itu mungkin nempil

Camat Akan Kroscek Dugaan Sewa Lahan TKD Gumukmas Yang Diduga Dilakukan Diam-diam 

 

BACA JUGA :   Try Sandi Ujian Berat Bagi Kehormatan BK DPRD Jember

Ditemui pasca lelang Kades Rudianto menolak untuk diwawancara audio visual, entah apa sebab ia tidak bersedia tampil di depan kamera wartawan? Rudianto hanya mau diwawancara tanpa kamera.

 

Rudianto menyebutkan bahwa terdapat 3 pemenang lelang dihari itu, dengan nilai 20 juta per hektar per tahun, “H. Mujianto nomer 1, kedua Muhammad Ridwan, dan juga Pujiono,” ungkapnya menyebutkan nama-nama pemenang lelang.

 

Ditanya tentang seperti apa sistem pembayaran dari hasil lelang itu, Rudianto menawab pembayaran dilakukan bertahap, “ada nanti bendahara nanti yang, tiga kali, dua kali, tiga kali kalau gak dua kali pembayaran,” jawabnya seolah tidak yakin dengan apa yang sudah diucapkannya.

 

“Tiga kali pembayaran,” imbuh Rudianto menegaskan setelah sempat terdiam beberapa saat.

 

Hal senada disampaikan Dikin pribadi selaku pemimpin lelang saat itu, ia menambahkan ada 3 macam jenis lahan TKD yang dilelangkan dengan total keseluruhan 24,5 hektar, “Untuk bapak H. Mujianto luasan lahan 12.485 (m²), terus untuk bapak Muhammad Ridwan dengan luas 7.135 (m²), dan bapak pujiono dengan luas 4.915 (m²),” bebernya.

BACA JUGA :   Polemik Uang Pelantikan, Bimtek & Uang Makan KPPS, Segini Kata KPU Jember
Dikin Pribadi saat dikonfirmasi pasca rapat lelang

Para pemenang lelang saat Wartawan Pak JITU.com coba konfirmasi, masing-masing menghindar, salah satunya terlihat terburu-buru seperti memang sengaja menghindari wartawan.

 

Sementara itu Camat Gumukmas Nino Eka Putra, yang tidak terlihat dalam proses lelang Pemdes Gimukmas itu, saat dikonfirmasi dikantornya dihari yang sama mengaku memang tidak diundang.

Camat Gumukmas saat dikonfirmasi dikantornya

“Untuk rapat yang hari ini, siang hari ini, sudah melaporkan ke kami pelaksanaan lelang itu, namun demikian kami sendiri juga tidak diundang, tapi nanti kami terima laporan nanti dari pak Kepala Desa setelah ditetapkan oleh BPD,” Pungkasnya.

 

Video terkait :

Penyewa TKD Gumukmas Mengaku Tidak Pernah Ikut Lelang, Transaksi Dirumah Setiap Habis Panen

Komentar Facebook

Berita Lainnya:

BACA JUGA :   Ketua AKD Jember Tidur, Para Kades Yang Merasa Tertipu BK-Desa Senilai Rp 500 Juta Pasrah

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan