Gus Fawaid Soroti Angka Stunting Di Jember Tertinggi Se Jawa Timur

Jember, Pak JITU.com – Angka Stunting Di Kabupaten Jember yang sampai saat ini masih tertinggi di Jawa Timur tetap menjadi sorotan Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi Partai Gerindra Muhammad Fawaid S.E., M.Sc.,

 

Pria yang akrab disapa Gus Fawaid itu menyampaikan, tingginya angka Stunting di Jember itu bertolak belakang dengan angka kemiskinan di Jember yang dikatakan menurun.

 

“Kalau angka kemiskinan di Jember itu membaik, loh kok stuntingnya semakin jelek,” ungkapnya kepada awak media pasca menghadiri Apel Shalawat yang digelar Laskar Shalawat Nusantara (LSN), di Desa Wringin Telu, Kecamatan Puger, Jember, Selasa (19/12).

 

Lebih lanjut Gus Fawaid menegaskan bahwa stunting itu identik dengan kemiskinan, menurutnya keterbatasan ekonomi membuat anak-anak itu kekurangan asupan gizi sehingga mereka mengalami stunting.

BACA JUGA :   Saksi PAN Diusir Dari Rekapitulasi KPU Jember

 

“Yang stunting itu kan pasti anaknya orang yang tidak mampu, anaknya orang miskin, karena pengetahuan dan sebagainya dan lain sebagainya kan?, maka kalau stunting di Jember tinggi berarti kemiskinan di Jember masih tinggi,” pungkasnya.

Prevalensi stunting di Kabupaten Jember Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 masih bertengger di angka 34,9 persen, seperti disampaikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Muhadjir Effendy, dalam Roadshow Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur pada Rabu, (01/03/23) lalu, seperti dikutip dari website stunting.go.id.

 

Angka stunting di Jember tersebut lebih tinggi 2,5% dari angka stunting dari Kabupaten tetangga Bondowoso yang memiliki angka stunting 32%, dan 4% lebih tinggi dari Kabupaten Situbondo yang memiliki angka 30.9%. (*)

BACA JUGA :   Tuntutan Tidak Digubris DPP PAN Lapor Bawaslu RI

 

Komentar Facebook

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan