Tak Mau Kalah, Pemdes Tugusari Siapkan 2 ribu Tumpeng Rayakan HUT RI KE 78 Dengan Kirab Budaya

Jember, Pak JITU.com – Tidak mau kalah dengan kemeriahan perayaan HUT RI KE 78 di Desa-Desa lainnya, Pemerintah Desa Tugusari, Kecamatan Bangsalsari, akan gelar Kirab Budaya dengan 2.000 tumpeng.

 

Acara yang sedianya akan dilaksanakan kamis (17/8/23) tepat dihari Kemerdekaan ini bertajuk KA DISAH ALONG-POLONG, akan dikemas dengan memamerkan hasil bumi yang ada di Desa tersebut.

 

Semua elemen masyarakat akan dilibatkan untuk memeriahkan acara yang akan disiarkan langsung melalui chanel youtube Pemdes Tugusari itu, dan juga akan ditayangkan dibeberapa media dan stasiun TV.

 

“Nanti kamis siang pukul 1 start kirab budayanya dengan memamerkan hasil bumi dan dengan sekitar 2.000 tumpeng, malamnya akan ada kirab obor yang akan diikuti oleh semua guru ngaji sedesa Tugusari beserta santri-santrinya,” ungkap Kades Tugusari H. Akhmad Khoiri SH. pasca rapat persiapan pelaksanaan Kirab Budaya di aula Kantor Desa (14/8/23).

BACA JUGA :   Songsong Hari Batik Nasional Pebatik Jember Gelar Pelatihan Dengan Tema BATIK PASADENG

 

“Setelah itu akan ada istighotsah Kubro untuk mendoakan para pahlawan dan untuk keselamatan Desa, dan terakhir akan diisi dengan pembacaan layang, sebagai bentuk pelestarian budaya, karena itu salah satu tradisi masyarakat yang sudah mulai ditinggalkan oleh para generasi muda,” imbuhnya.

 

Kades yang akrab disapa Ji Mathori ini menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai pembuka dari rangkaian kegiatan-kegiatan lainnya, “ini pembukaannya, nanti masih ada lomba-lomba, Gerak Jalan, Jalan Santai dan lain-lain,” pungkasnya. (red)

 

Komentar Facebook
BACA JUGA :   Pra Siaga Kemah Moderasi Pertama & Terbesar Kemenag Kabupaten Jember

Berita Lainnya:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan