Setelah Viral SMAN 2 Tanggul Serahkan Ijazah ZM

Jember, Pak JITU.com – Pengakuan Heri, seorang wali murid dari siswi berinisial ZM, bahwa ijazah anaknya diduga ditahan oleh pihak Sekolah Menengah Atas Negeri 2 (SMAN 2) Tanggul Jember, dikarenakan ada tanggungan yang belum ia lunasi, ditindak lanjuti oleh pihak sekolah.

 

Setelah dugaan penahanan ijazah itu diberitakan Pak JITU.com pada minggu petang (23/7/23), hari ini senin (24/7/23) pihak SMAN 2 Tanggul melalui Kepala Sekolah (Kasek) Imam Suja’i S.Pd.MM menyerahkan secara simbolis ijazah ZM.

 

Didampingi seorang guru, Kasek Suja’i serah terimakan langsung Ijazah kepada ZM yang didampingi oleh walinya Heri.

 

Kasek Suja’i juga menghimbau kepada siswa atau wali murid yang ijazahnya masih tertahan disekolah untuk membangun komunikasi dengan pihak sekolah dan segera mengambil ijazahnya.

 

“Ee.. Bagi siswa yang mungkin, ee.. siswa dan orang tua, yang mungkin ada permasalahan, karena belum bisa, ee.. menyelesaikan sumbangan yang sudah disanggupi, sekolah memberikan keleluasaan,” ucap Suja’i saat Pak JITU.com temui diruang kerjanya (24/7/23).

BACA JUGA :   Tutup Tahun Kegiatan Keagamaan - Pemdes Tugusari Hadirkan Nuansa Ngaji Dinamis

 

“monggo datang saja kesekolahan, ya toh?, Aa.. ini pasti akan kita berikan ijazahnya itu,” imbuhnya.

 

Disesi yang lain Suja’i membenarkan bahwa ada tarikan sumbangan seperti Pak JITU.com beritakan sebelumnya, namun menurutnya itu bukan pungutan, “kalau sumbangan itu diperbolehkan, kalau pungutan tidak boleh,” ucapnya.

 

Lebih lanjut Suja’i menjelaskan tentang perbedaan pungutan dan sumbangan menurut hematnya, seolah berusaha membenarkan tindakan adanya dugaan pungutan liar (pungli) dengan modus penarikan/pungutan sumbangan.

 

“Kalau sumbangan itu kan, berapa besarnya? itu kan yang menentukan, kan orang tua sendiri, atau wali murid,” jelasnya.

 

“dan kami tidak mengait-ngaitkan antara sumbangan dengan hak-hak siswa,” imbuhnya.

 

Ditanya tentang berapa nominal yang belum terbayarkan oleh siswa-siswa yang sudah lulus, Suja’i menjawab perlu konfirmasi terlebih dahulu tentang itu ke petugasnya.

BACA JUGA :   Kapan Pelaksanaan Kemah Moderasi? Ini Jawaban Kepala Kemenag Jember

 

Saat ditanya bagi siswa yang tidak punya uang untuk melunasi sisa tanggungan apa bisa mengambil ijazah mereka? Suja’i menjawab tegas bisa, “Oo bisa pak, tidak punya uang sama sekali bisa, jadi kalau mau menyumbang ya Alhamdulillah, kalau mau menyelesaikan ya Alhamdulillah, sesuai dengan batas kemampuannya,” pungkasnya. (soh)

 

Video terkait :

 

Komentar Facebook

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Setelah Viral SMAN 2 Tanggul Serahkan Ijazah ZM

Tinggalkan Balasan