Kades Tugusari Bersama Danramil 0824/15 Giat Bangun Masjid Mbah Sumbersari

Jember, Pak JITU.com – Kepala Desa (kades) Tugusari, H. Akhmat Khoiri SH. minggu 23 juli 2023 pimpin langsung pengecoran masjid Mbah Sumbersari yang pembangunannya direncanakan sejak sekitar 7 bulan lalu.

 

Masjid tua yang berada diwilayah Dusun Krajan, Desa Tugusari, Kecamatan Bangsalsari, Jember, Jawa Timur itu, dibangun atas inisiatif kades Khoiri yang prihatin akan kondisinya saat itu.

 

“Keberadaan masjid ini saya ketahui waktu melaksanakan kegiatan rutin Pemdes yaitu safari jumat, awalnya saya pikir ini mushalla, ternyata masjid,” ujar Khoiri, saat Pak JITU.com temui disela-sela kesibukannya mengerjakan pengecoran bersama masyarakat.

 

“Karena kondisinya selain sangat kecil juga sudah mulai lapuk, pasca shalat jumat saat itu juga, saya musyawarahkan untuk dibentuk panitia pembangunan, dan alhamdulullah terealisasi seperti dilihat saat ini,” imbuhnya.

 

Kades Khoiri juga menjelaskan bahwa masjid yang saat ini sedang dibangun itu adalah salah satu masjid tertua yang ada di Desa Tugusari, bahkan menurutnya, orang pertama yang membangunnya adalah seorang yang banyak diziarahi pada masa hidupnya.

BACA JUGA :   Masyarakat Dan KRPH Sumberkelopo Bangun Jembatan Penghubung Antar Desa

 

“Ini masjid peninggalan Mbah Sumbersari, atau yang dikenal dengan julukan Keh Bersari, beliau ini adalah seorang yang keramat semasa hidupnya, banyak yang menziarahi beliau, sampai saat inipun makamnya masih banyak yang menziarahi, meski tidak sebanyak dulu,” ungkapnya.

 

“Peziarah beliau ini bukan hanya warga sekitar, tapi juga banyak dari luarkota, bahkan dulu untuk bisa sowan ke Keh Bersari ini, peziarah rela berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 kilo meter, bus yang membawa rombongan kan tidak bisa masuk, jadi parkirnya dijalan nasional,” imbuhnya.

 

Kades Khoiri juga berucap terimakasih kepada semua donatur yang telah membantu terselenggaranya pembangunan masjid ini, “Saya ucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah membantu, kepada masyarakat dan tak terkecuali kepada Bhabinkamtibmas dan bapak Danramil Bangsalsari yang saat ini turun langsung dan menurunkan semua anggotanya untuk membantu pengecoran pada hari ini,” pungkasnya.

BACA JUGA :   Sempit Dan Susah Diakses, Balai Desa Harjomulyo Selalu Menyusahkan Warga Untuk Mendapat Pelayanan Yang Baik

 

Ditempat yang sama Kapt. Inf. Agus Suhartoyo selaku Danramil 0824/15 Bangsalsari mengungkapkan, bahwa pihaknya selalu siap jika dibutuhkan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan sosial atau pengamanan.

“ini bagian dari tugas kami, membangun sinergitas tanpa batas dengan semua lapisan masyarakat, dimanapun kami dibutuhkan disitu kami ada,” ungkap Agus penuh semangat. (red)

 

Komentar Facebook

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan