Daftarkan Anak Di SMAN BALUNG, Bunga Dimintai 7,5 Juta

Jember, Pak JITU.com – Kesaksian seorang wali murid yang gagal mendaftarkan anaknya di SMA NEGERI (SMABA) Balung, seperti disampaikan dalam video wawancara dibagian akhir tulisan ini, seharusnya sudah menjadi perhatian serius semua pihak khususnya pemerintah.

 

Bunga 39 (nama samaran), mengaku sedih karena puteranya tidak bisa masuk SMABA setelah menjalani proses lobby-lobby panjang dengan salah seorang oknum guru SMABA.

 

Bunga mengaku dimintai Rp7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah) oleh oknum guru SMABA, agar anaknya bisa lolos masuk, namun karena hanya mampu menyanggupi Rp3.000.000,- (tiga juta rupiah), akhirnya anaknya tidak jadi masuk.

 

“intinya saya dimintai uang tujuh lima, kalau gak ada uang, tujuh setengah juta (7,5 juta ;red), kalau gak ada uang itu anak saya gak bisa masuk,” ungkap Bunga pada Pak JITU.com kamis 13/7/23.

 

“intinya seperti itu, saya nego tiga juta, ternyata di iyain oleh kepala sekolah, katanya pak adminnya, guru sana wes intinya,” imbuhnya

 

Bunga juga sempat mengirimkan hasil tangkapan layar kepada wartawan Pak JITU.com, yang berisi obrolannya melalui pesan singkat dengan orang yang disebutnya sebagai admin SMABA, namun demi menjaga privasi narasumber, tangkapan layar tersebut tidak kami tampilkan.

BACA JUGA :   Dugaan Pungli Di SMABA : Pejabat HM Bungkam, Oknum TL Menghilang

 

Dibagian akhir kesaksian, bunga juga menyebutkan bahwa bukan cuma dirinya yang dimintai uang agar anaknya bisa sekolah di SMABA, bahkan seorang Sekretaris Kecamatan Balung juga gagal memasukkan anaknya.

 

“Ada, sama, ada yang dimintain sepuluh (juta ;red), ada yang dimintain sama, sama saya,” ujar Bunga

 

“Sekcam Balungpun juga ada, kemarin saya tanya, sampean bawa uang berapa pak? saya tanya gitu kan, dia siap lima juta, pada beliau, ternyata ditolak juga,” pungkasnya.

 

Kesaksian bunga ini, melengkapi rentetan dugaan pungutan liar (pungli) disekolah-sekolah negeri di wilayah Kabupaten Jember, sebagaimana sebelumnya ramai dugaan pungli terjadi di SMKN 6 Jember, MTSN 4 Jember, MAN 2 Jember, SMPN 1 Sumber Baru, dan beberapa sekolah lainnya hingga yang tingkatan Sekolah Dasar.

 

Belum diketahui pasti tindakan apa yang dilakukan oleh dinas-dinas terkait, atas masalah-masalah yang sudah diberitakan dibeberapa media sebelumnya, dan langkah apa yang dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan? karena sampai saat berita ini dibuat, beberapa orang yang Pak JITU.com hubungi melalui pesan singkat, guna membuat janji wawancara belum memberikan jawaban.

BACA JUGA :   SMAN 2 Tanggul Minta Klarifikasi Pungutan, Ini Jawaban Kami

 

Dari kesaksian Bunga, kuat dugaan nominal 7,5 juta itu dimintakan pada semua wali murid siswa baru SMABA, oleh karenanya wartawan Pak JITU.com sedang mengumpulkan kesaksian dari wali murid lainnya, termasuk Sekcam Balung yang disebutkan Bunga. (fit/fan)

 

Video Terkait :

 

Komentar Facebook

Berita Lainnya:

BACA JUGA :   Dampak Hukum Kasus Penggerebekan Oknum Guru Di Jember Lintas Selatan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan