Setahun Ambruk Tertimpa Longsor 2 Rumah Dijember Ditumbuhi Semak

Jember, Pak JITU.com – Dua rumah milik kakak beradik di Jember ambruk tertimpa longsor sekitar setahun yang lalu, dan sampai saat berita ini dibuat kondisi rumah keduanya masih terbengkalai tanpa ada upaya perbaikan dari pemerintah setempat maupun dinas-dinas terkait.

 

Suarni (55), warga Dusun Krajan, Desa Jambesari, Kecamatan Sumber Baru, Jember, adalah korban longsor itu, ia bersama adik yang rumahnya berdempetan harus mengungsi selama kurang lebih satu tahun lamanya, menumpang tinggal dirumah kosong.

 

Saat Pak JITU.com temui dibekas rumahnya yang ambruk dan sudah ditumbuhi semak itu rabu (12/723), Suarni menceritakan pernah mendapat bantuan dari Camat Sumber Baru berupa beras, gula dan kasur, ketika longsor itu terjadi.

 

“(rumah ini ;red) Kelongsoran tanah, sudah hampir satu tahun, tidak ada bantuan dari pemerintah, ya saya tahu ada bantuan ketika ambruk itu, dapat tiga kali saya, dapat lima kiloan (5 kilogram beras ;red), diberi gula saya tiga kilo, itu saja,” ungkap Suarni, yang redaksi terjemahkan dari bahasa madura.

 

“diberi kasur dua, kasur lantai,” imbuhnya.

BACA JUGA :   FKPJ Bersama Muspika Balung Bagikan 3.500 Takjil Pada Pengguna Jalan Nasional

 

Lebih lanjut Suarni menceritakan kalau Camat Sumber Baru waktu itu memintanya untuk bersabar terlebih dahulu, sampai nantinya bisa diperbaiki.

 

“ternyata sampai sekarang tidak ada dari pihak Kecamatan yang datang, tidak ada kabar sama sekali ke rumah,” kisahnya.

 

Istri Rusmin (58), ini juga mengkisahkan kalau dirinya sekeluarga bersama adiknya yang rumahnya juga ambruk, saat ini mengungsi di rumah dinas mandor perusahaan kebun karet yang sudah tidak ditempati.

 

“Saya ngungsi di persel (rumah tinggal pekerja perusahaan),” ujar Suarni, dengan wajah sedih.

 

“Saya gak tau itu rumahnya siapa, kalau dulu itu rumahnya mandor, tapi sekarang tidak ditempati,” imbuhnya.

 

Suarni yang kesehariannya bekerja sebagai penyadap getah karet bersama suaminya ini, berharap ada bantuan dari pemerintah agar dirinya bisa menempati rumahnya sendiri.

 

“kalau bupati tidak ada (datang ;red), kalau pak camat ada, ya semoga ada bantuan dari pemerintah, rumah saya dibangun meskipun sederhana,” harapnya.

 

“tapi saya tidak mau kalau disini, karena ini sudah yang kedua kalinya (terkena longsor ;red), takutnya yang ketiga kalinya,” jelas Suarni, seolah trauma dengan kejadian longsor yang menimpa rumahnya.

BACA JUGA :   Dua Kantor Ranting NU DiSumberbaru Berdiri Di Tanah TKD

 

Yang menimpa Suarni dan adiknya ini sangat miris, karena keduanya adalah korban bencana alam yang terabaikan, apalagi yang menimpa keduanya ini adalah rentetan masalah sosial yang sejak sebulan terkahir diberitakan terjadi dibeberapa tempat di Jember.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang apa tindakan pemerintah untuk menangani apa yang dialami Suarni dan adiknya itu, Wartawan Pak JITU.com sedang berupaya mendapatkan konfirmasi dari Camat Sumber Baru Murdihartono, BPBD Jember, Dinas Sosial dan pihak-pihak terkait. (fit/fan)

Video Terkait :

 

Komentar Facebook

Berita Lainnya:

BACA JUGA :   Camat Tanggul Verifikasi Surat Edaran Parkir Haul Habib Sholeh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan