PKM-PM Politeknik Negeri Jember Sosialisasikan Pemanfaatan Limbah & Kopi Briket DiTugusari

Jember, Pak JITU.com – Jumat 16/6/2023, Mahasiswa Politeknik Negeri jember, selenggarakan penyuluhan kepada ibu-ibu PKK Desa Tugusari, Kec. Bangsalsari, Kab. Jember.

Penyuluhan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat atau disingkat PKM-PM itu diselenggarakan di aula Desa Tugusari.

Program bertajuk Peningkatan Ekonomi Berbasis Usaba Kreatif Melalui Pemberdayaan Ibu PKK Desa Tugari Jember Dalam Pemanfaatan Limbah Ternak dan Kopi Sebagai Briket itu, dilakukan oleh 5 Mahasiswa dan Satu dosen pendamping.

Riski Kuara ketua tim PKM-PM itu saat wartawan pakjitu.com temui disela-sela acara menyampaikan, kalau itu adalah program kemitraan dengan ibu-ibu PKK.

“Ini adalah program ekonomi kreatif dari Mahasiswa Politeknik Negeri Jember yang dimitrakan dengan ibu-ibu PKK, bentuknya adalah produksi kompos dan briket, yang itu nantinya tidak hanya bernilai ekonomis tapi juga dapat mengurangi penumpukan sampah,” ungkap Riski.

BACA JUGA :   Disomasi Warga Karena Kirim Banjir - Perkebunan Tugusari Tidak Merespone

Sedang Rita Indriani, seorang ibu PKK yang mengikuti penyuluhan tersebut mengaku senang, meski juga mengaku masih bingung dengan program yang hendak dikerjakan oleh mahasiswa tersebut.

“Seru sih, meski belum mengerti banget cara kerjanya, karena belum praktek, namun ini kan dibimbing langsung oleh rekan-rekan mahasiswa, ya nanti akan paham dengan sambil jalan,”

Sementara itu H. Akhmat Khoiri SH. selaku pemangku kebijakan didesa Tugusari mengaku akan mendukung penuh program yang diselenggarakan oleh mahasiswa tersebut.

“Kami senagai pemerintah desa berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa tim PKM-PM, selebihnya tentu kami akan mendukung penuh apa yang menjadi program adik-adik mahasiswa tersebut, seperti misalnya penyiapan lahan untuk memproduksi kompos dan briketnya,” ujar kades yang akrab disapa Ji Mathori itu.

BACA JUGA :   Licin - Pengendara Motor Terjun Kejurang Sedalam ±15m

“Harapan saya program ini bisa berkelanjutan dan berkembang, sehingga dapat memanfaatkan sampah menjadi ladang pendapatan bagi masyarakat,” pungkasnya. (md)

 

Komentar Facebook

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “PKM-PM Politeknik Negeri Jember Sosialisasikan Pemanfaatan Limbah & Kopi Briket DiTugusari

  1. Dapatkan keindahan yang memesona dan ketenangan yang menenangkan dengan mempercayakan koleksi Ikan Koi impian Anda kepada kami. Nikmati keajaiban warna-warni dan pergerakan yang gemerlap koi yang elegan dalam kolam Anda, menghadirkan keindahan alami ke dalam kehidupan Anda sehari-hari. Dengan pengalaman kami dan perawatan yang teliti, kami menjaga ikan koi Anda dalam kondisi terbaik, sehingga Anda bisa menikmati harmoni yang tak tergantikan dari kehadiran koi di lingkungan Anda. Anda bisa mempercayakan kepada kami untuk menghadirkan keindahan ikan koi yang memukau ke dalam kehidupan Anda.

Tinggalkan Balasan