Tutup Tahun Kegiatan Keagamaan – Pemdes Tugusari Hadirkan Nuansa Ngaji Dinamis

Jember, Pak JITU.com – Pemerintah Desa Tugusari periode 2021 – 2027 yang dipimpin oleh Kepala Desa H Akhmat Khoiri SH, adalah desa yang aktif dengan kegiatan-kegiatan keagamaan.

Mulai dari shalat berjamaah, safari jumat, yasinan, rotibul haddad, muslimatan, pengajian rutin dan acara-acara keagamaan lainnya.

Peningkatan kegiatan keagamaan di Desa Tugusari ini memang menjadi salah satu janji kampanye Kades Khoiri, pada saat pencalonan kepala Desa Tugusari, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember setahun yang lalu.

Penutup tahun acara rutinan setiap malam jumat manis (23/2/23), adalah salah satu wujud dari janji kampanyenya dulu, dimana biasanya acara tersebut diikuti oleh semua perangkat desa beserta RT/RW dan tokoh masyarakat.

Kegiatan keagamaan berupa pengajian rutinan ini diisi dengan pembacaan surat Yasin, Tahlil dan Rotibul Haddad, serta ceramah agama yang didatangkan dari berbagai daerah di Kabupaten Jember.

Dalam acara rutinan ini Kades Khoiri secara pribadi biasa memberikan doorprize secara acak, sebagai bentuk apresiasi sekaligus sebagai daya tarik kepada perangkat desa dan RT/RW, agar selalu aktif mengikuti kegiatan.

BACA JUGA :   Kades Manggisan Hadiri Haflatul Imtihan Madrasah Diniyah Fatihul Ulum Mambaul Kholiq

Tidak seperti biasanya yang diselenggarakan di Balai Desa, kali ini acara keagamaan tersebut dilaksanakan di halaman rumah Kades Akhmat Khoiri.

“Karena ini malam jumat manis terakhir sebelum masuk bulan puasa, penutup tahun, makanya saya taruh dirumah, selain untuk kebaikan desa dan untuk mendoakan para leluhur, ini sekaligus peringatan Isro’ Mi’roj,” jelas Kades yang akrab disapa Ji Mathori itu saat Pak JITU.com temui pasca acara diruang tamu rumahnya.

“Karena penutup, acaranya saya buat lebih meriah, yang biasanya hanya perangkat desa, kali ini juga mengundang masyarakat sekitar, kalau dirumah kan banyak yang bantu,” imbuhnya.

KH Abdul Latif Rambipuji dihadirkan oleh Ji Mathori sebagai penceramah pada acara yang dihadiri sekurangnya lima ratusan orang itu.

BACA JUGA :   Kemah Moderasi Se Kabupaten Jember Pertengahan Maret 2023 - Jalan Masih Amburadul

“Beliau (KH Abdul Latif ;red) selain kyai juga dosen, harapannya dengan hadirnya beliau sebagai penceramah, nuansanya ngajinya lebih dinamis,” sergahnya.

KH Abdul Latif dalam ceramahnya mengingatkan hadirin untuk tetap menjaga shalat, mengingat acara tersebut juga dalam rangka memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW. untuk menerima perintah shalat. (md)

 

Komentar Facebook

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan